SALAM

Assalamualaikum SELAMATDATANG DI BLOG DEVI LESTARI

Tuesday, March 12, 2013

Network


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Generasi muda bangsa Indonesia merupakan penerus bangsa di masa depan, yang sangat diharapkan memiliki kualitas yang baik sehingga dapat membawa kemajuan bagi bangsa di waktu mendatang. Namun demikian, seiring berjalannya waktu terdapat tantangan baru yang harus dihadapi oleh generasi muda bangsa ini. Salah satunya yang paling berpengaruh terhadap kehidupan generasi muda bangsa ini yaitu tantangan yang muncul akibat Globalisasi. Salah satu globalisasi yang dibahas adalah tentang kemajuan tekhnologi yaitu tentang pengunaan jejaring social (Net work). Dalam dunia internet terdapat jaringan sosial yaitu situs-situs di dalam internet yang juga digunakan oleh semua orang didunia untuk saling berkomunikasi, berinteraksi dan mencari data-data yang diperlukan oleh semua orang. Banyak  terdapat situs-situs internet yang dapat diguankan semua orang misalnya my space, frienster, HIS, facebook, twitter, linked in, fupei, dan bebo.
      Globalisasi membawa manusia pada suatu dunia tanpa batas (borderless world) dengan arus informasi supercepat (superhighway information) yang mengglobal. Globalisasi dunia memicu revolusi (bukan evolusi) di bidang ICT (Information and Communication Technology). Globalisasi membawa manusia pada suatu dunia tanpa batas (borderless world) dengan arus informasi supercepat (superhighway information) yang mengglobal. Globalisasi dunia memicu revolusi (bukan evolusi) di bidang ICT (Information and Communication Technology).
Namun tidak semuanya situs situs tersebut hanya memberikan manfaaat positif bagi semua orang, namun juga memberikan dampak negatif. Oleh karena itu dalam makalah ini kita akan membahas lebihlanjut mengenai masing-masing tentang situs-situs tersebut, baik tentang dampak positif dan dampak negatifnya, pengertiannya, macam-macam situsnya, keuntungan dan kerugiannya dan lain-lain.
B.  Rumusan Masalah
Dalam penelitian ini penulis akan mencoba merumuskan persoalan dalam penduk pernyataan:
1.      Pengertian Jejaring social secara umum
  1.  Manfaat jejaring sosial bagi generasi muda di era globalisasi
  2. Penyalah gunakan jejaring sosial
C.    Tujuan Meneliti
Tujuan penulisan  penelitian ini adalah
1.      menguraikan atau memberi penjelasan tentang apa yang dimaksud dengna jejaring social yang sering di pergunakan oleh masyarakat.
2.       manfaat Jejaring Sosial bagi generasi muda dan masyarakat pada umumnya.
3.      mengungkapkan penyalahgunaan Jejaring Sosial yang sering kali dilakukan oleh generasi muda.
D.    Output
1.      Uraian dan penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan jejaring social secara spesipikasi.
2.      Uraian tentang manfaat jejaring social bagi generasi muda dan masyarakat .
3.      Uraian tentang penyalahgunaan jejaring social bagi generasi muda dan masyarakat.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
1.      Pengertian jejaring Sosial
Jejaring sosial sebagai struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh Profesor J.A. Barnes di tahun 1954.
Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
Berikut ini merupakan sepuluh situs jejaring sosial terpopuler di dunia saat ini :
No.
Situs Jejaring Sosial
Banyak Pengguna
1
 Facebok
750.000.000
2
 Twitter
250.000.000
3
 Linked In
110.000.000
4
 My Space
70.500.000
5
 The Google +
65.000.000
6
 Deviant Art
25.500.000
7
 Live Journal
20.500.000
8
 Tagged
19.500.000
9
 Orkut
17.500.000
10
 Cafe Mom
12.500.000
                                                         Sumber : http://www.ebizmba.com

2.      Macam-macam Situs Jejaring Sosial
2.1   MySpace
MySpace adalah situs jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. Markas situs ini terletak di Beverly Hills, California, Amerika Serikat. Tetapi pada tahun 2005, News Corp membeli MySpace dengan harga 580 juta dollar AS dan MySpace resmi berpindah tangan menjadi milik News Corporation.
2.2  Friendster
Friendster, yang ide penamaannya berasal dari nama Napster adalah sebuah situs web jaringan sosial dimana seorang pengguna akan membuat identitas maya dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan account di Friendster. Dalam Friendster, kita juga dapat melihat teman dari teman kita, selain melihat teman kita sendiri. Friendster juga memulai fitur blog. Bahasnya juga multi language. Dan kini sudah ada versi untuk mobilenya.
2.3 HIS
HIS adalah salah satu situs jaringan sosial. Situs ini pada tahun 2008 termasuk salah satu dari 20 situs jaringan sosial yang paling sering dikunjungi oleh pengguna internet di seluruh dunia. Pendiri HIS yakni Ramu Yalamanchi pada tahun 2003 yang juga menjabat sebagai CEO. Pada bulan Januari 2009, HIS mengklaim dirinya memiliki lebih dari 60 juta anggota atau member aktif.
2.3  Facebook
Facebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg seorang lulusan Harvard dan mantan murid Aerdsley High School. Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar diantara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 24 juta anggota aktif yang dimilikinya di seluruh dunia.
2.4  Twitter
Twitter adalah suatu situs web layanan jaringan sosial dan mikroblog yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan ”pembaharuan” berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui sms, pengirim pesan instan, surat elektrnik, atau aplikasi seperti twitterific dan twitbin. Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan obvious corp.
2.5  Linked In
Linked In adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional sampai September 2007 situs ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonmi yang diklasifikasi menurut jasanya.
CEO Linked In saat ini adalah Dan Nge dan Kantornya berlokasi dimountain view, california. Perusahaan ini ditanda oleh Greglock, Sequoia Capitar, Bessemer Venture Partner, serta European Founders Fund. Linked In mulai meraih keuntungan sejak Maret 2006.
2.7 FUPEI
FUPEI (Friends Uniting Program Especially Indonesian) adalah sebuah situs jaringan sosial yang berdiri pada Bulan Mei 2004 menyediakan ruang gerak untuk kegiatan pertemanan bagi penggunanya secara interaktif. Berawal dari booming situs-situs jaringan sosial seperti Friendster pada tahun 2004, FUPEI yang turut ikut memberikan sebuah ruang untuk pengguna internet di Indonesia merupakan sebuah bentuk user-generated-content yang mencakup foto, musik, video dan lain-lain. Pengguna-pengguna tersebut kemudian dikenal dengan nama Fupeis.
2.8  Bebo
Bebo adalah sebuah situs jaringan sosial yang popular yang dibuat pada bulan Januari 2005. ini banyak dipakai di beberapa negara termasuk Irlandia, Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Selandia baru dan Australia. Versi bahasa Polandia sudah dirilis yang menggunakan data base user yang berbeda. Ada planning untuk merilis versi bahasa Peranci, German dan lain-lain. Bebo dibuat oleh suami dan istri Michael dan Xochi Birch, bebo diluncurkan secara resmi pada bulan Juli 2005. lalu AOL (Amerika Online ) membelinya pada tanggal 13 Maret 2008 sekitar 850 juta dollar. ”bebo” adalah kependekan dari ”Blod Early, Bog Often”.
3.      Manfaat Jejaring Sosial Bagi Generasi Muda
Sebagian orang mungkin berpendapat bahwa jejaring sosial di kaitkan dengan pengaruh yang negatif. Jejaring sosial dapat bermanfaat jika kita menggunakannya untuk hal-hal yang positif. Banyak hal positif yang di dapat antara lain yaitu:
·         Sebagai sarana diskusi dengan jangkauan yang luas
·         Sebagai sarana hiburan
·         Mempererat pertemanan dengan teman satu sekolah, atau teman kuliah
·         Menjalin silaturahmi yang sudah lama putus dengan teman lama atau kerabat lama
·         Mendapat banyak informasi terbaru
·         Mengisi waktu luang
·         Menambah wawasan
·         Sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan teman, Dengan jejaring sosial kita dapat berkomunikasi dengan orang lain meski jarang bertemu.
·         Sarana untuk berbagi, Maksudnya yaitu kita dapat berbagi pengalaman hidup atau suatu informasi yang kita dapat.
·         Sarana untuk berekspresi. Yaitu kita dapat menulis bebas baik berupa puisi, pantun, ataupun sebuah artikel.
·         Sebagai sarana untuk promosi yaitu Kita dapat mempromosikan barang dagangan yang akan kita jual lewat facebook maupun blog pribadi.
-Sebagai sarana diskusi
-Sebagai tempat curhat
·         Tempat pembelajaran online
4.      Penyalah Gunakan Jejaring social
Walaupun jejaring sosial mempunyai banyak manfaat, tetapi jejaring sosial mempunyai dampak negatif. Adapun dampak negatif dari jejaring sosial, yaitu:
-Banyak orang yang menggunakan jejaring sosial dengan waktu yang tidak sebentar, sehingga waktu kita terbuang sia-sia.
-Menghabiskan banyak uang untuk pergi ke warnet atau membeli pulsa telpon untuk facebook via hp.
Pada kenyataannya, didapatkan fakta dari Komnas Perlindungan Anak (2010) bahwa sekitar 53% pemakai situs jejaring sosial di Indonesia adalah remaja berusia kurang dari 18 tahun. Hal ini perlu mendapatkan perhatian ekstra dari pemerintah dan setiap orang dewasa, karena umumnya banyak terjadi dampak-dampak negatif karena penggunaan situs jejaring sosial. (http://vivanews.com)
Berikut adalah dampak negatif yang timbul akibat pengguaan jejaring sosial:
  • Kecanduan
  • Lupa waktu
  • Bisa terperangkap dalam kejahatan internet
  • Berkurangnya perhatian terhadap keluarga
  • Tergantikannya kehidupan sosial
  • Tersebarnya data penting yang tidak semestinya
  • Pornografi
  • Pemanfaatan untuk kegiatan negatif
  • Kurangnya sosialisasi dengan lingkungan
  • Membuat prestasi pelajar semakin menurun
  • Tumbuhnya sikap hedonisme dan konsumtif
5.      Penelitian – Penelitian yang sudah pernah dilakukan tentang Pengaruh Jejaring social
Ada beberapa penelitian yang telah dilakukan tentang Jejaring Sosial :
Pertama : penelitian yang berjudul Analisa Jejaring Sosial Facebook Sebagai Refleksi Gaya Hidup Digital. Penelitian ini membahas tentang pengembangan dan pengaruh jejaring social Facebook sebagai gaya hidup digital, yang hanya terfokus pada penelitian tentang Jejaring Sosial Facebook.
Berdasarkan Hasil Survei literature diatas penelitian yang akan penulis lakukan ini belum pernah diteliti orang. Penelitian ini focus adalah : Pengaruh Jejaring Sosial (Network) Terhadap Perkembangan Masyarakat di Era Globalisasi.





DAFTAR PUSTAKA
http://id.wikipedia.org. “Jejaring Sosial,” dalam Wikipedia.com. Diunduh Sabtu, 3 Desember 2011.
http://insan.or.id. “Manfaat Positif dari Jejaring Sosial,” dalam Depkominfo. Diunduh Jum’at, 2 Desember 2011.
http://www.hendriono.web.id. “Efek Negatif Jejaring Sosial bagi Siswa,” dalam Hendriono Online. Diunduh Sabtu, 3 Desember 2011.
http://media.kompasiana.com. “Dampak Positif dan Negatif Jejaring Sosial,” dalam Kompasiana. Diunduh Jum’at, 2 Desember 2011.




No comments:

Post a Comment