BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Generasi muda bangsa Indonesia merupakan
penerus bangsa di masa depan, yang sangat diharapkan memiliki kualitas yang
baik sehingga dapat membawa kemajuan bagi bangsa di waktu mendatang. Namun
demikian, seiring berjalannya waktu terdapat tantangan baru yang harus dihadapi
oleh generasi muda bangsa ini. Salah satunya yang paling berpengaruh terhadap
kehidupan generasi muda bangsa ini yaitu tantangan yang muncul akibat Globalisasi.
Salah satu
globalisasi yang dibahas adalah tentang kemajuan tekhnologi yaitu tentang
pengunaan jejaring social (Net work). Dalam dunia internet terdapat
jaringan sosial yaitu situs-situs di dalam internet yang juga digunakan oleh
semua orang didunia untuk saling berkomunikasi, berinteraksi dan mencari
data-data yang diperlukan oleh semua orang. Banyak terdapat situs-situs
internet yang dapat diguankan semua orang misalnya my space, frienster, HIS,
facebook, twitter, linked in, fupei, dan bebo.
Globalisasi membawa manusia pada suatu
dunia tanpa batas (borderless world) dengan arus informasi supercepat
(superhighway information) yang mengglobal. Globalisasi dunia memicu
revolusi (bukan evolusi) di bidang ICT (Information and
Communication Technology). Globalisasi membawa manusia pada suatu dunia
tanpa batas (borderless world) dengan arus informasi supercepat (superhighway
information) yang mengglobal. Globalisasi dunia memicu revolusi (bukan
evolusi) di bidang ICT (Information and Communication Technology).
Namun tidak semuanya situs situs
tersebut hanya memberikan manfaaat positif bagi semua orang, namun juga
memberikan dampak negatif. Oleh karena itu dalam makalah ini kita akan membahas
lebihlanjut mengenai masing-masing tentang situs-situs tersebut, baik tentang
dampak positif dan dampak negatifnya, pengertiannya, macam-macam situsnya,
keuntungan dan kerugiannya dan lain-lain.
B. Rumusan Masalah
Dalam
penelitian ini penulis akan mencoba merumuskan persoalan dalam penduk
pernyataan:
1. Pengertian
Jejaring social secara umum
- Manfaat jejaring sosial bagi generasi muda di era globalisasi
- Penyalah gunakan jejaring sosial
C.
Tujuan
Meneliti
Tujuan penulisan penelitian ini adalah
1. menguraikan
atau memberi penjelasan tentang apa yang dimaksud dengna jejaring social yang
sering di pergunakan oleh masyarakat.
2. manfaat Jejaring Sosial bagi generasi muda dan
masyarakat pada umumnya.
3. mengungkapkan
penyalahgunaan Jejaring Sosial yang sering kali dilakukan oleh generasi muda.
D.
Output
1. Uraian
dan penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan jejaring social secara
spesipikasi.
2. Uraian
tentang manfaat jejaring social bagi generasi muda dan masyarakat .
3. Uraian
tentang penyalahgunaan jejaring social bagi generasi muda dan masyarakat.
BAB II
TINJAUAN
PUSTAKA
1.
Pengertian
jejaring Sosial
Jejaring
sosial sebagai struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau
organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena
kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan
keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh Profesor J.A. Barnes di tahun 1954.
Jejaring sosial
adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau
organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena
kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan
keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun
1954.Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari
simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan
satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman,
keturunan, dll.
Berikut
ini merupakan sepuluh situs jejaring sosial terpopuler di dunia saat ini :
No.
|
Situs
Jejaring Sosial
|
Banyak
Pengguna
|
1
|
Facebok
|
750.000.000
|
2
|
Twitter
|
250.000.000
|
3
|
Linked In
|
110.000.000
|
4
|
My Space
|
70.500.000
|
5
|
The Google +
|
65.000.000
|
6
|
Deviant Art
|
25.500.000
|
7
|
Live Journal
|
20.500.000
|
8
|
Tagged
|
19.500.000
|
9
|
Orkut
|
17.500.000
|
10
|
Cafe Mom
|
12.500.000
|
Sumber : http://www.ebizmba.com
2.
Macam-macam
Situs Jejaring Sosial
2.1 MySpace
MySpace adalah situs jaringan sosial
populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto,
musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. Markas situs ini
terletak di Beverly Hills, California, Amerika Serikat. Tetapi pada tahun 2005,
News Corp membeli MySpace dengan harga 580 juta dollar AS dan MySpace resmi
berpindah tangan menjadi milik News Corporation.
2.2 Friendster
Friendster, yang ide penamaannya berasal
dari nama Napster adalah sebuah situs web jaringan sosial dimana seorang
pengguna akan membuat identitas maya dan kemudian mengisi data dirinya untuk
kemudian mendapatkan account di Friendster. Dalam Friendster, kita juga dapat melihat teman
dari teman kita, selain melihat teman kita sendiri. Friendster juga memulai
fitur blog. Bahasnya juga multi language. Dan kini sudah ada versi untuk
mobilenya.
2.3 HIS
HIS adalah salah satu situs jaringan
sosial. Situs ini pada tahun 2008 termasuk salah satu dari 20 situs jaringan
sosial yang paling sering dikunjungi oleh pengguna internet di seluruh dunia.
Pendiri HIS yakni Ramu Yalamanchi pada tahun 2003 yang juga menjabat sebagai
CEO. Pada bulan Januari 2009, HIS mengklaim dirinya memiliki lebih dari 60 juta
anggota atau member aktif.
2.3 Facebook
Facebook adalah situs web jaringan sosial
yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg
seorang lulusan Harvard dan mantan murid Aerdsley High School. Hingga Juli
2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar diantara
situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 24 juta anggota aktif
yang dimilikinya di seluruh dunia.
2.4 Twitter
Twitter adalah suatu situs web layanan jaringan
sosial dan mikroblog yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan
”pembaharuan” berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui
sms, pengirim pesan instan, surat elektrnik, atau aplikasi seperti twitterific
dan twitbin. Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan obvious
corp.
2.5 Linked
In
Linked In adalah situs web jaringan sosial
yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional sampai
September 2007 situs ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar,
meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonmi yang diklasifikasi
menurut jasanya.
CEO Linked In saat ini adalah Dan Nge dan
Kantornya berlokasi dimountain view, california. Perusahaan ini ditanda oleh
Greglock, Sequoia Capitar, Bessemer Venture Partner, serta European Founders
Fund. Linked In mulai meraih keuntungan sejak Maret 2006.
2.7 FUPEI
FUPEI (Friends Uniting Program Especially
Indonesian) adalah sebuah situs jaringan sosial yang berdiri pada Bulan Mei
2004 menyediakan ruang gerak untuk kegiatan pertemanan bagi penggunanya secara
interaktif. Berawal dari booming situs-situs jaringan sosial seperti Friendster
pada tahun 2004, FUPEI yang turut ikut memberikan sebuah ruang untuk pengguna
internet di Indonesia merupakan sebuah bentuk user-generated-content yang
mencakup foto, musik, video dan lain-lain. Pengguna-pengguna tersebut kemudian
dikenal dengan nama Fupeis.
2.8 Bebo
Bebo adalah sebuah situs jaringan sosial
yang popular yang dibuat pada bulan Januari 2005. ini banyak dipakai di
beberapa negara termasuk Irlandia, Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Selandia
baru dan Australia. Versi bahasa Polandia sudah dirilis yang menggunakan data
base user yang berbeda. Ada planning untuk merilis versi bahasa Peranci, German
dan lain-lain. Bebo dibuat oleh suami dan istri Michael dan Xochi Birch, bebo
diluncurkan secara resmi pada bulan Juli 2005. lalu AOL (Amerika Online )
membelinya pada tanggal 13 Maret 2008 sekitar 850 juta dollar. ”bebo” adalah
kependekan dari ”Blod Early, Bog Often”.
3.
Manfaat
Jejaring Sosial Bagi Generasi Muda
Sebagian orang
mungkin berpendapat bahwa jejaring sosial di kaitkan dengan pengaruh yang
negatif. Jejaring sosial dapat bermanfaat jika kita menggunakannya untuk
hal-hal yang positif. Banyak hal positif yang di dapat antara lain yaitu:
·
Sebagai
sarana diskusi dengan jangkauan yang luas
·
Sebagai
sarana hiburan
·
Mempererat
pertemanan dengan teman satu sekolah, atau teman kuliah
·
Menjalin
silaturahmi yang sudah lama putus dengan teman lama atau kerabat lama
·
Mendapat
banyak informasi terbaru
·
Mengisi
waktu luang
·
Menambah
wawasan
·
Sebagai sarana untuk berkomunikasi
dengan teman, Dengan jejaring sosial kita dapat berkomunikasi dengan orang lain
meski jarang bertemu.
·
Sarana untuk berbagi, Maksudnya yaitu
kita dapat berbagi pengalaman hidup atau suatu informasi yang kita dapat.
·
Sarana untuk berekspresi. Yaitu kita
dapat menulis bebas baik berupa puisi, pantun, ataupun sebuah artikel.
·
Sebagai sarana untuk promosi yaitu Kita
dapat mempromosikan barang dagangan yang akan kita jual lewat facebook maupun
blog pribadi.
-Sebagai sarana diskusi
-Sebagai tempat curhat
-Sebagai sarana diskusi
-Sebagai tempat curhat
·
Tempat
pembelajaran online
4.
Penyalah
Gunakan Jejaring social
Walaupun
jejaring sosial mempunyai banyak manfaat, tetapi jejaring sosial mempunyai
dampak negatif. Adapun dampak negatif dari jejaring sosial, yaitu:
-Banyak orang
yang menggunakan jejaring sosial dengan waktu yang tidak sebentar, sehingga
waktu kita terbuang sia-sia.
-Menghabiskan
banyak uang untuk pergi ke warnet atau membeli pulsa telpon untuk facebook via
hp.
Pada kenyataannya, didapatkan fakta dari Komnas Perlindungan
Anak (2010) bahwa sekitar 53% pemakai situs jejaring sosial di Indonesia adalah
remaja berusia kurang dari 18 tahun. Hal ini perlu mendapatkan perhatian ekstra
dari pemerintah dan setiap orang dewasa, karena umumnya banyak terjadi
dampak-dampak negatif karena penggunaan situs jejaring sosial. (http://vivanews.com)
Berikut
adalah dampak negatif yang timbul akibat pengguaan jejaring sosial:
- Kecanduan
- Lupa waktu
- Bisa terperangkap dalam kejahatan internet
- Berkurangnya perhatian terhadap keluarga
- Tergantikannya kehidupan sosial
- Tersebarnya data penting yang tidak semestinya
- Pornografi
- Pemanfaatan untuk kegiatan negatif
- Kurangnya sosialisasi dengan lingkungan
- Membuat prestasi pelajar semakin menurun
- Tumbuhnya sikap hedonisme dan konsumtif
5. Penelitian – Penelitian yang sudah
pernah dilakukan tentang Pengaruh Jejaring social
Ada beberapa penelitian yang telah
dilakukan tentang Jejaring Sosial :
Pertama : penelitian yang berjudul Analisa Jejaring Sosial Facebook Sebagai
Refleksi Gaya Hidup Digital. Penelitian ini membahas tentang pengembangan
dan pengaruh jejaring social Facebook sebagai gaya hidup digital, yang hanya
terfokus pada penelitian tentang Jejaring Sosial Facebook.
Berdasarkan Hasil Survei literature
diatas penelitian yang akan penulis lakukan ini belum pernah diteliti orang.
Penelitian ini focus adalah : Pengaruh
Jejaring Sosial (Network) Terhadap Perkembangan Masyarakat di Era Globalisasi.
DAFTAR PUSTAKA
http://id.wikipedia.org. “Jejaring Sosial,” dalam Wikipedia.com. Diunduh
Sabtu, 3 Desember 2011.
http://insan.or.id. “Manfaat Positif dari Jejaring Sosial,” dalam Depkominfo.
Diunduh Jum’at, 2 Desember 2011.
http://www.hendriono.web.id. “Efek Negatif Jejaring Sosial bagi Siswa,” dalam Hendriono
Online. Diunduh Sabtu, 3 Desember 2011.
http://media.kompasiana.com. “Dampak Positif dan Negatif Jejaring Sosial,” dalam Kompasiana.
Diunduh Jum’at, 2 Desember 2011.
No comments:
Post a Comment