MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DENGAN MENERAPKAN TEKNIK KELOMPOK BUZZ
(BUZZ
GROUP) KELAS V SDN 012 KAMPUNG PANJANG KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN
KAMPAR
A. Latar Belakang
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menumbuhkan
kembangkan potensi sumber daya alam manusia melalui proses belajar mengajar. Peran
guru dalam pembelajaran yaitu membuat desain instruksional, menyelengarakan
kegiatan belajar, mengajar bertindak mengajar atau membelajarkan, mengevaluasi
hasil belajar yang merupakan dampak pengajaran. Peran siswa adalah bertindak
belajar, yaitu mengalami proses belajar, mencapai hasil belajar dan mengunakan
hasil belajar yang digolongkan sebagai dampak pengiring. Dengan belajar maka
kemampuan mental semakin meningkat.
Mata pelajaran Sains merupakan bagian yang tidak
terpisahkan dari system pendidikan di Indonesia, sebagaimana yang tercantum
dalam undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang system pendidikan nasional pasal
12 ayat 1 butir 6, bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan
berhak menyelengarakan program pendidikan sesuai dengan kecepatan belajar
masing-masing dan tidak menyimpang dari ketentuan batas waktu yang di tetapkan.[1]
Termasuk dalam mata pelajaran Sains. Mata pelajaran Sains merupakan salah satu
pelajaran dalam muatan kurikulum yang merupakan pokok di Sekolah Dasar yang
mempunyai tujuan diantaranya agar peserta didik memiliki kemampuan untuk
mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep Sains yang bermanfaat dan dapat
diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Pentingnya pembelajaran mata pelajaran Sains harus
di dukung oleh guru yang harus menyusun pembelajaran dengan baik dan benar
sehingga tujuan yang ingin tercapai dapat terwujud sesuai dengan harapan serta
diiringi oleh hasil belajar siswa yang tidak mengecewakan. Guru bertugas mengarahkan proses ini agar sasaran
dari perubahan itu dapat tercapai sebagaimana yang diinginkan.[2]
Akan tetapi jika dilihat pada kenyataan sekarang sangat bertolak belakang
dengan apa yang seharusnya, yakni setiap diri siswa memiliki berbagai kemampuan
setelah melalui proses pembelajaran.
Hasil wawancara personal dengan guru kelas V SD Negeri 012 Kampung
Panjang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten
Kampar guru telah berusaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Sains dengan cara sebagai berikut :
1. Kegiatan
pembelajaran sesuai dengan waktu yang telah di tentukan
2. Mengunakan
metode ceramah dalam pembelajaran
3. Guru
telah memberi umpan balik kepada siswa dengan cara bertanya kepada siswa
4. Guru
telah mengevaluasi belajar siswa.
Namun pada kenyataan, hasil belajar siswa belum
sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan sebelumnya. Hal ini
dapat di lihat dari gejala-gejala sebagai berikut ;
1. Masih
kurang dari 55% siswa yang belum mau bertanya terhadap mata pelajaran
2. Masih
ada siswa yang belum memberikan tanggapan terhadap pertanyaan yang diberikan
guru atau teman.
3. Siswa
kurang terlibat aktif dalam proses belajar
4. Masih
ada siswa yang belum mengerjakan tugas yang di berikan guru.
Berdasarkan
gejalal-gejala di atas dapat di ambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Sains tergolong rendah hal ini dimungkinkan terjadi karena cara
mengajar guru yang belum mampu menciptakan suasana yang aktif, kreatif,
inovatif, efektf dan menyenangkan. Oleh karena itu guru tertarik melakukan
penelitian tindakan sebagai upaya dalam melakukan perbaikan dengan judul “
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sains dengan Menerapkan
Teknik Kelompok Buzz ( Buzz Group) Kelas V Sekolah Dasar Negeri 012 Kampung
Panjang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar”
B.
Defenisi
Istilah
1. Teknik
Kelompok Buzz (Buzz Group) yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran pemecahan
masalah yang didalamnya mengandung bagian-bagian khusus masalah tersebut.[3]
Teknik pembelajaran ini merupakan salah satu dari teknik yang di gunakan pada metode
pembelajaran partisipatif.
2. Hasil
Belajar adalah hasil yang dicapai seseorang ketika mengerjakan tugas atau
kegiatan tertentu yang bersifat kognitif dan biasanya ditentukan melalui
pengukuran dan penilaian. Sedangkan hasil belajar dalam penelitian ini
diperoleh setelah tindakan siklus I dan siklus II dengan mengunakan tes hasil
belajar.
C.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah di jelaskan
sebelumnya, maka yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah “
Bagaimanakah penerapan teknik kelompok Buzz (Buzz
Group) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains kelas v
SDN 012 Kampung Panjang kecamatan Kampar Kabupaten Kampar?”
D.
Tujuan
Penelitian
Tujuan
yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar
Sains dengan penerapan tekhnik Buzz ( Buzz group).
E.
Manfaat
Penelitian
Adapun
manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Bagi
guru, penerapan pembelajaran teknik buzz ( buzz group) dalam kegiatan belajar
mengajar yang akan dilakukan pada
penelitian ini sehingga menambah wawasan guru tentang metode, teknik atau
strategi yang akan di gunakan guru dalam pembelajaran
2. Bagi
peneliti, di harapkan hasil penelitian ini menjadi landasan berpijak untuk
meneliti lebih lanjut tingkat keberhasilan
siswa dengan mengunakan metode ata teknik yang lebih bervariasi dalam
proses belajar mengajar.
3. Bagi
siswa, untuk mningkatkan hasil belajar sains dan member pengalaman baru bagi
siswa berkaitan dengan proses mengajar di kelas.
4. Bagi
sekolah, meningkatkan prestasi sekolah
yang dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dan dapat meningkatkan mutu tenaga pengajar
khususnya pada guru SDN 012 Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten
Kampar dari segi strategi pembeajaran yang tepat.
DAFTAR PUSTAKA
Trianto. 2009. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan
Praktek. Jakarta: Tim Prestasi Pustaka.
Undang-Undang
RI. 2006. Sistem Pendidikan Nasional. Bandung:
fokus Media.
Hamalik,
Oemar. 2005. kurikulum dan
pembelajaran. Jakarta: bumi Aksara.
No comments:
Post a Comment