tentang media pembelajaran menggunakan
benda asli.
Dalam proses pembelajaran,
benda asli dapat digunakan sebagai media. Agar lebih memahami tentang media
benda asli, di bawah ini akan diuraikan tentang pengertian media benda asli,
kelebihan dan kekurangan menggunakan media benda asli dan penggunaan media
benda asli.
a. Pengertian Media Benda
Asli
Menurut
Ibrahim dan Nana Syahodih ( 1992 : 3) mengatakan bahwa : media benda asli termasuk
media atau sumber belajar yang secara spesifik dikembangkan sebagai komponen
sistem instruksional untuk mempermudah radar belajar yang formal dan
direncanakan”. Menurut Mulyani Sumantri dan Johar Permana (1999 : 202)
menyatakan bahwa “media benda asli merupakan benda yang sebenarnya membantu
pengalaman nyata peserta didik dan menarik minat dan semangat belajar siswa”.
Dengan menggunakan media benda asli akan memberikan rangsangan yang amat
penting bagi siswa untuk mempelajari berbagai hal terutama menyangkut
pengembangan keterampilan tertentu.
b. Kelebihan Media Benda Asli
b. Kelebihan Media Benda Asli
Media
benda asli memiliki kelebihan dan keunggulan. Kelebihan tersebut antara lain:
1. Dapat membantu guru dalam menjelaskan suatu materi kepada peserta didik.
2. Dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempelajari situasi yang nyata.
3. Dapat melatih keterampilan siswa menggunakan alat indera. (A. Tabrani, Rusyan, 1993 : 199)
1. Dapat membantu guru dalam menjelaskan suatu materi kepada peserta didik.
2. Dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempelajari situasi yang nyata.
3. Dapat melatih keterampilan siswa menggunakan alat indera. (A. Tabrani, Rusyan, 1993 : 199)
Berdasarkan uraian di atas dapat diperjelas kembali bahwa kelebihan media benda asli dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempelajari sesuatu menggunakan obyek-obyek nyata.
c. Kelemahan Media Benda Asli
Media
benda asli selain memiliki kelebihan, juga memiliki kelemahan-kelemahan.
Kelemahan-kelemahan media benda asli diantaranya, yaitu :
1. Membawa siswa ke berbagai tempat di luar sekolah yang terkadang memiliki resiko dalam bentuk kecelakaan dan sejenisnya.
2. Biaya yang diperlukan untuk mengadakan berbagai obyek nyata tidak sedikit dan memiliki kemungkinan kerusakan dalam menggunakannya.
3. Tidak selalu memberikan gambaran obyek yang seharusnya (R. Ibrahim dan Nana Syahodih, 1993 : 82)
1. Membawa siswa ke berbagai tempat di luar sekolah yang terkadang memiliki resiko dalam bentuk kecelakaan dan sejenisnya.
2. Biaya yang diperlukan untuk mengadakan berbagai obyek nyata tidak sedikit dan memiliki kemungkinan kerusakan dalam menggunakannya.
3. Tidak selalu memberikan gambaran obyek yang seharusnya (R. Ibrahim dan Nana Syahodih, 1993 : 82)
Kelemahan-kelemahan yang diuraikan di atas hendaknya dapat diatasi dengan cara menggunakan media benda asli yang ada di sekitar lokasi sekolah yang dapat dijadikan penunjang dalam proses pembelajaran, disesuaikan denagn pelajaran dan berusaha membawa benda asli ke dalam kelas yang dapat digunakan untuk menjelaskan materi dalam lingkup kelas.
d. Penggunaan Media Benda Asli
Salah
satu komponen yang juga dapat menunjang keberhasilan proses pembelajaran adalah
media pembelajaran. Karena media pembelajaran mampu menyampaikan pesan atau
informasi, baik dari guru kepada peserta didik maupun media itu sendiri kepada
guru dan peserta didik. Media benda asli mempunyai kegunaan sebagai berikut :
1. Memperjelas perjanjian pesan agar tidak selalu bersifat verbalitas.
2. Mengawasi ketebatasan ruang, waktu, dan daya indera.
3. Dengan menggunakan media secara tepat dapat mengatasi sikap positif anak didik.
4. Media dapat memberiakan perangasang yang sama, mempersamakan pengalaman dan menimbulkan persepsi yang sama pada anak didik. (Arief S. Sadiman, 1990 : 16)
1. Memperjelas perjanjian pesan agar tidak selalu bersifat verbalitas.
2. Mengawasi ketebatasan ruang, waktu, dan daya indera.
3. Dengan menggunakan media secara tepat dapat mengatasi sikap positif anak didik.
4. Media dapat memberiakan perangasang yang sama, mempersamakan pengalaman dan menimbulkan persepsi yang sama pada anak didik. (Arief S. Sadiman, 1990 : 16)
Dari
uraian di atas dapat ditegaskan bahwa penggunaan media pada saat proses
pembelajaran berlangsung akan lebih baik daripada berceramah saja. Karena media
pembelajaran dapat membantu untuk memperjelas maksud yang kita sampaikan,,
merangsang peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang sama, dan dapat
menarik minat peserta didik untuk belajar. Sehingga dengan penggunaan media
tersebut peserta didik menjadi lebih giat belajar dan mempunyai pengalaman
serta persepsi yang sama tentang konsep yang dipelajari.
No comments:
Post a Comment