KURIKULUM
2013
Perangkat
Pembelajaran
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
|
TEMA 1 : DIRIKU
Nama Sekolah :
Kelas / Semester : I (Satu) / 1
Nama Guru :
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
MI Muhammadiyah 3 Pekanbaru
Kelas / Semester :
I (Satu) / 1
Tema 1 :
Diriku
Sub Tema 1 : Aku dan Teman Baru
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) :
3.4. Mengenal
teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
4.4. Menyampaikan
teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
Indikator :
¡ Mengidentifikasi cara cara memperkenalkan diri
¡ Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap
¡ Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama
panggilan
¡ Menyebutkan nama temannya
PPKn
Kompetensi Dasar (KD) :
3.2. Mengenal
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di
sekolah
4.2. Melaksanakan
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di
sekolah
Indikator :
¡ Mengidentifikasi aturan permainan di sekolah
¡ Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah
SBdP
Kompetensi Dasar (KD) :
3.1. Mengenal
cara dan hasil karya seni ekspresi
4.1. Menggambar
ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan
di lingkungan sekitar
Indikator :
¡ Mengidentifikasikan cara menghias kartu nama
¡ Memberi hiasan pada kartu nama
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Teman Baru
¡ Setelah mengikuti permainan lembar bola, siswa
dapat memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan secara benar.
¡ Dengan melakukan permainan
siswa dapat menyebutkan nama lengkap dengan benar.
Menghias Kartu Nama
¡ Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat
menghias kartu nama dengan rapi.
E. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Perkenalan diri
¡ Peraturan permainan
¡ Permainan memperkenalkan diri
¡ Gerakan melempar dan menangkap
¡ Menghias gambar kartu nama
¡ Lirik lagu “Siapa Namamu”
F. METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
— Guru memberikan salam dan
mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
— Guru mengecek kesiapan
diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi
dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
— Menginformasikan tema yang
akan dibelajarkan yaitu tentang ”Aku
dan Teman Baru”.
— Guru menyampaikan tahapan
kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
Teman Baru
— Pada awal pelajaran, guru
memperkenalkan diri kepada siswa. (Mengasosiasi)
— Guru
meminta siswa membuka buku siswa hal. 1-3. (Mengamati)
— Guru
menunjukkan cara berkenalan, seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku
siswa hal. 3. (Mengekplorasi)
— Siswa diajak
untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan guru
menjelaskan aturan bermainnya. (siswa diminta melingkar, boleh duduk atau
berdiri, dan guru mencontohkan cara melempar dan
menangkap bola dengan tepat). (Mengekplorasi)
— Siswa
yang berhasil menangkap bola harus menyebutkan nama lengkap dan nama panggil
an. Kemudian, dia melempar kepada teman lain. Teman yang menangkap lemparan
bola, menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan. (Mengekplorasi)
— Setelah
semua memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil
mengingat kembali nama-nama teman di kelas. Guru bisa menggunakan lagu yang
ada di buku siswa. (Mengkomunikasikan)
Lirik
lagu “Siapa Namamu”
Ciptaan
A.T. Mahmud
1
2 / 3 . / 3 4 / 5 ./
Sia
pa kah na ma mu
5 4
/ 3 . / 3 3 /1 . //
Na
ma ku .............
(sebutkan
nama anak)
— Siswa
tetap berada pada posisi lingkaran. Guru menyanyi sambil menepuk salah satu
siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Lalu siswa tersebut sambil
menyanyi “Siapakah Namamu” menepuk teman di sebelahnya dan teman tersebut
menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagunya dan seterusnya. (Mengkomunikasikan)
— Kegiatan
ditutup dengan diskusi pentingnya saling mengenal, karena tak kenal maka tak
sayang, upayakan guru memberikan penguatan tentang pentingnya saling mengenal. (Mengasosiasi)
— Setelah
diskusi tentang pentingnya saling mengenal, guru menjelaskan bahwa untuk
dapat mengenal nama teman, kita bisa juga menggunakan kartu nama. (Mengkomunikasikan)
Menghias Kartu Nama
— Guru
menyampaikan bahwa siswa akan membuat kartu nama mereka masing-masing.
— Guru
membagikan potongan-potongan karton seukuran kartu nama.
— Guru
membagikan kertas bertuliskan nama siswa kepada masing-masing siswa untuk
dijadikan contoh untuk menulis.
— Lalu,
Siswa diminta menuliskan namanya di karton kartu nama dan menghias atau
mewarnai kartu nama mereka masing-masing.
— Setelah
itu, guru menjelaskan bahwa kartu nama tersebut akan digunakan selama berada
di sekolah atau dipajang di kelas.
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
— Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
— Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil
ketercapaian materi)
— Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang
pembelajaran yang telah diikuti.
— Melakukan
penilaian hasil belajar
— Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER,
ALAT DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Diriku
Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2014, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Bola plastik atau bola dari
kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola
¡ Karton/kertas/kardus bekas yang sudah
dipotong-potong dan diberi nama masing-masing siswa
¡ Pensil warna/spidol yang bisa digunakan untuk
menghias kartu yang sudah disediakan
¡ Tali/peniti/alat lain untuk
memasangkan kartu nama
I. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerjasama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
………
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
BT :
Belum Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (lembar kerja)
3. Penilaian Pengetahuan
a. Penilaian : Unjuk Kerja
Memperkenalkan diri lewat
permainan
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali 4
|
Baik 3
|
Cukup 2
|
Perlu Bimbi- ngan 1
|
1.
|
Kemampuan memperkenal-kan diri
|
Siswa mampu menyebutkan nama
panjang dan nama panggilan
|
Siswa mampu menyebutkan nama
panjang
|
Siswa hanya mampu Menyebutkan
nama panggilan
|
Siswa belum mampu memperkenalkan
diri
|
2.
|
Kemampuan menjalankan peraturan
pada permainan
|
Siswa mampu melakukan permainan sesuai
dengan instruksi tanpa pengarahan ulang
|
Siswa mampu melakukan permainan
sesuai aturan tetapi dengan 1 kali arahan ulang
|
Siswa mampu melakukan permainan
sesuai aturan, tetapi dengan lebih dari 1 kali arahan ulang
|
Siswa belum mampu melakukan
permainan sesuai dengan aturan
|
3.
|
Kemampuan melakukan gerakan
melempar dan menangkap
|
Siswa mampu melempar dan
menangkap bola dengan akurat (tidak pernah meleset)
|
Siswa melempar dan menangkap
bola, tetapi 1-2 kali meleset
|
Siswa melempar dan menangkap
bola, tetapi lebih dari 3 kali meleset
|
Siswa belum mampu melempar dan
menangkap bola
|
b. Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Membuat Kartu
Nama
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali 4
|
Baik 3
|
Cukup 2
|
Perlu Bimbi- ngan 1
|
1.
|
Komponen
kartu nama
|
Memenuhi 3 komponen (gambar/foto
diri, hiasan, dan bentuk yang unik)
|
Memenuhi 2 dari 3 komponen
|
Hanya memnuhi 1 dari 3 komponen
|
Tidak memenuhi 3 komponen
|
2.
|
Jumlah warna yang digunakan
|
Menggunakan 4 warna atau lebih
|
Menggunakan 3 warna
|
Menggunakan 2 warna
|
Menggunakan 1 warna
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Purnawati, S. Pd
|
|
Pekanbaru, 16 Juli 2018
Guru Kelas 1
Devi Lestari, S. Pd. I
|
No comments:
Post a Comment